sepeda motor lebih Hemat
Latar Belakang ide perakitan tabung HIDROGEN
BBM yang terus naik dan naik lagi, semakin menyusahkan rakyat menengah kebawah. Karena sikond demikian, Akhirnya Para siswa SMK NGUNUT jurusan Otomotif Teknik Sepeda Motor merasa terpanggil tentang situasi tersebut dan timbul Ide kreatifitasnya.Adanya fasilitas WIFI Gratis di Kampus Unggulan SMK NGUNUT mempermudah para siswa mencari informasi dan men download serta mengumpulkan berbagai sumber data yang terkait dengan penghematan BBM. Kita ketahui di internet banyak sekali informasi tentang penghemat BBM, tapi buatan Team Otomotif SMK NGUNUT lain daripada yang lain terutama Bahan tabung yang digunakan tahan panas , pemanfaatan air keluaran AC dan mengutamakan Safety (keamanan). Sehingga yang sampai saat ini masih terus dikembangkan….. PENASARAN??? langsung aja baca sebagian berita dan bagaimana bentuk juga cara teknik kerjanya… Atau Untuk lebih jelas Silahkan merapat dan ada di Bengkel Otomotif Kampus Unggulan SMK NGUNUT…..
Membuat alat penghemat BBM ini pada dasarnya dengan cara memecah molekul air( H2O) agar menjadi gas hidrogen( H2), dengan bantuan energi listrik dari kendaraan. (2H2O→2H2+O2) Kemudian gas hidrogen yang dihasilkan tersebut di injekan ke “manifold” (intake manifold yaitu pipa saluran untuk masuknya uap gas dari karburator ke ruang mesin) kendaraan.
Di bawah ini adalah gambar tabung tahan panas yang digunakan untuk menghasilkan gas hidrogen:
Di dalam tabung tersebut berisi: elektroda-elektroda yang terbuat dari pipa stainless dan Selanjutnya tabung plastik diisi dengan air murni (Kandungan mineralnya 0%)salah satunya adalah air keluaran dari AC, karena klo Air biasa mengandung banyak mineral,yang mengakibatkan air cepat menjadi keruh.
Diode 25 Amper beserta kabel
Untuk sepeda motor Cub cukup memakai diode 25 Ampere, sedangkan untuk sepeda motor sport, gunakan diode 35 Ampere.Diode memiliki 4 kaki, 1 kaki bertanda + (Positif) dan 1 kaki bertanda - (Negatif).sedangkan 2 kaki lainnya tidak ada tanda. Maka kaki sebelah KIRI di sambungkan ke badan motor sebagai GROUND/MASSA & kaki sebelah KANAN di sambung kan ke sumber listrik sepeda motor yaitu di GENERATOR/ALTERNATOR/SPOOL.
Usahakan diberi Skun,kemudian dijepitkan pada diode dan biar tampak rapi. Juga dipasang selang polos untuk menutup jepitan kabel.
Sambungan L dan selang Bensin
Selang bensin di gunakan untuk :
· Selang pernafasan/peng-udara-an untuk membuang tekanan balik
· Mengalirkan gas hidrogen & oksigen ke sepeda motor yg terlebih dahulu disambung dengan selang tahan panas.
· Sambungan L dipasang pada tutup tabung plastik/tabung hidrogen & pada filter atau karburator atau selang vacum pada sepeda motor. Sambungan L dapat dibeli di penjual ikan hias & Aquarium krn merupakan accessories dari aquarium.
Soda api (KOH)
Untuk membantu elektrolisis air, maka perlu ditambahkan soda api (KOH / Kalsium Hidroksida) bukan kalsium bikarbonat.Bisa pula digunakan soda kue, tetapi penggunaan soda kue, mengakibatkan air juga menjadi cepat keruh.Takaran : 1/2 liter air murni ditambah 1-2 sendok teh soda api. Bila proses elektolisis air tidak mengeluarkan BUIH, maka soda api dapat di tambah.
Alat pengaman/ Safety
Fungsinya disini apabila ada api tekanan balik dari ruang bakar tidak sampai ke tabung hidrogennya.
CARA KERJA :
· Listrik + (Positif) pada pipa stainless steel, menguraikan air menghasilkan Oksigen.
· Listrik - (Negatif) pada pipa stainless steel, menguraikan air menghasilkan Hidrogen.
Oksigen & Hidrogen terhisap & masuk ke karburator bercampur dengan bensin,bersama sama menjadi bahan bakar pada piston & menggerakkan motor.
Saat alat penghemat BBM tersebut diuji dan diterapkan terapkan pada sepeda motor Jupiter Z , gambarnya ada di bawah ini:
Kondisi motor masih standar, dulunya 1liter premium cuma bisa sejauh ± 30km, dengan tambahan alat penghemat BBM ini 1liter premium bisa menempuh jarak sejauh ± 40km. Apabila untuk digunakan alam perjalanan jauh sangat cocok, karena dapat menghemat pemakaian bensin. Jarak sekitar 122 km menghabiskan bensin 3 liter. Walaupun penggunaan BBM semakin irit, tapi tenaga motor juga terasa tarikannya mak nyut makin gesit dan lincah.
CATATAN :
Jangan mengambil listrik + (Positif) dari AKI Karena tabung hidrogen memerlukan 25 Ampere, sedangkan AKI hanya memiliki 4-10 Ampere sehingga jadi cepat soak.
Selang pernafasan / peng-udaraa-an jangan kemasukan ASAP karena asap tsb akan mengganggu proses pembakaran yang akan berakibat BOROS bensin.
DIRAKIT OLEH : TEAM OTOMOTIF SMK NGUNUT
1. ALI MASROKAN
2. AHMAD QHOIRUL MUNIF
3. NURHAMIM
4. MUHAMAD YUSUF
5. MOHAMMAD ROFI’
6. FREDI ADI WIJAYA
7. AHMAD RYO FRASTYO
PEMBIMBING GURU :
1. PUJI,ST.
2. HARINTO,ST.
0 komentar:
Posting Komentar